Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Cipete Jakarta Selatan

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Cipete Jakarta Selatan – Caranya mudah. Semua jenis nasi tumpeng untuk beragam keperluan bisa Anda dapatkan di sini. Tapi tahukah Anda misteri di balik nasi tumpeng? Mulai dari namanya, bentuknya, warnanya, hingga lauk-pauknya? Bagi Anda yang belum tahu tentang misteri tersebut, berikut kami berikan informasinya.

Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Cipete

Pesan nasi tumpeng terbaik di Cipete Jakarta Selatan

  1. Kenapa dinamakan ‘Tumpeng’

Secara etimologi yang berkembang dalam masyarakat Jawa, ternyata kata ‘tumpeng’ merupakan singkatan dari ‘yen meTu kudu memPeng’ yang dalam Bahasa Indonesia berarti ‘ketika keluar harus bersungguh-sungguh’. Maksudnya adalah ketika manusia terlahir di dunia, maka ia harus menjalani kehidupan di jalan Tuhan dengan semangat, fokus, yakin, dan tidak mudah menyerah. Itulah kenapa nasi tumpeng sering dibuat pada saat hari kelahiran bayi. Jika berminat memesan tumpeng untuk memperingati kelahiran dan lain sebagainya, bisa pesan nasi tumpeng terbaik di Cipete Jakarta Selatan murah.

  1. Bentuk nasi tumpeng

Tahukah Anda kenapa nasi tumpeng memiliki bentuk kerucut? Hal ini dimaksudkan untuk meniru bentuk Puncak Mahameru. Sebab, pada awalnya, ketika zaman nenek moyang dulu, tumpeng dibuat sebagai bentuk persembahan kepada para hyang (dewa-dewi) yang bersemayam di gunung tersebut. Namun sejak ajaran Islam mulai masuk ke Nusantara, nasi tumpeng diadopsi dan penggunaannya tidak lagi seperti dulu. Sekarang, bentuk nasi tumpeng yang kerucut tersebut diartikan sebagai sebuah konsep ketuhanan. Dan bentuknya yang menjulang tinggi diartikan sebagai harapan agar kehidupan manusia semakin tinggi (sejahtera).

Baca juga: Pesan Nasi Tumpeng di Joglo Jakarta Barat

  1. Pemotongan nasi tumpeng

Tidak ada yang mengatur hal ini memang. Tetapi biasanya setelah selesai pembacaan doa, maka tumpeng akan dipotong dan dipersembahkan kepada orang yang dihormati. Misalnya pada acara ulang tahun, setelah selesai dibacakan doa maka orang yang sedang berulang tahun akan maju ke depan dan memotong tumpeng tersebut. Kemudian tumpeng itu diserahkan kepada orang yang dihormati dan paling dimuliakan dalam acara tersebut, misalnya orang tua dari orang yang sedang ulang tahun. Maksud dari pemberian tumpeng ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada orang tersebut.

  1. Warna kuning pada nasi tumpeng

Nasi tumpeng yang berwarna kuning memiliki arti kemakmuran dan kesejahteraan dalam hidup. Biasanya nasi tumpeng kuning dibuat pada acara syukuran seperti hari ulang tahun, perpisahan, khitanan, dan lain sebagainya. Tapi perlu Anda ketahui bahwa nasi tumpeng juga bisa dibuat dengan nasi putih biasa atau nasi uduk. Nasi tumpeng dengan warna putih melambangkan kesucian hidup. Nasi tumpeng dengan warna putih biasanya disajikan dalam acara akad pernikahan dan peringatan nujuh bulan dalam adat Jawa. Jika Anda membutuhkan nasi tumpeng untuk keperluan seperti ini, bisa pesan nasi tumpeng terbaik di Cipete Jakarta Selatan murah.

  1. Lauk pauk dalam nasi tumpeng

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa nasi tumpeng dikelilingi oleh lauk-pauk yang terdiri atas 7 macam. Ternyata dalam Bahasa Jawa, angka 7 disebut dengan pitu, artinya pitulungan (pertolongan). Jadi nasi tumpeng melambangkan permohonan kepada Tuhan agar diberi pertolongan dan keselamatan dalam hidup. Lauk pauk seperti ayam, nasi urap, teri dan yang lainnya juga memiliki makna dan filosofi tersendiri. Misalnya ayam jantan, pemilihan ayam jantan sebagai lauk pauk dimaksudkan untuk menghindari sifat-sifat buruk dari ayam jantan (jago) seperti congkak, sombong, dan tidak setia kepada pasangannya.

Itulah misteri di balik nasi tumpeng, jika Anda berminat bisa Pesan Nasi Tumpeng Terbaik di Cipete Jakarta Selatan.

Sending
User Rating 5 (1 vote)